Pentingnya Perhitungan Struktur bagi Bangunan Anda

Sepanjang pengalaman penulis, masih sering penulis jumpai akan banyaknya proses konstruksi dari sebuah bangunan yang sebenarnya tidak diperhitungkan secara matang. Bagaimana hal demikian bisa terjadi?

Kita masih sangat jelas mengingat bagaimana banyak bencana meluluh lantahkan banyak sudut di negeri ini. Ingatkah kalian bagaimana Gempa & Tsunami di Aceh (2004) dan di Yogyakarta (2006) meratakan pemukiman di sana? Masih ada lagi Gempa di Padang (2009) yang banyak merenggut nyawa dan menyisakan kerugian fisik yang luar biasa. Terakhir, masih jelas teringat di benak kita Gempa di Lombok, Palu, dan Donggala pada tahun lalu (2018), ribuan jiwa kehilangan nyawa dan tempat tinggalnya.

Apa arti dari semua ini?

Penulis sangat yakin bahwa semua pembaca tentu paham bahwa penyebab runtuhnya bangunan bukanlah Gempa dan Tsunami, melainkan runtuhnya bangunan rumah maupun gedung yang mereka tempati.

Rumah Roboh (www.pontianakpost.co.id)

“Tentunya anda tidak mau ambil risiko bangunan anda runtuh, bukan?”

Perlu anda ketahui risiko-risiko yang akan Anda hadapi jika perencanaan bangunan anda tidak diperhitungkan secara matang.

Seminimal-minimalnya, anda akan menghadapi dinding tembok retak, pondasi bangunan turun, tiang kolom retak, balok melendut dan pelat lantai bergetar ketika diinjak.

Akan tetapi,

Anda merasa bahwa untuk mendesain struktur bangunan yang kuat dan kokoh itu ribet dan harus mengeluarkan dana lebih. Hal tersebut merupakan pernyataan yang diambil dengan tergesa-gesa.

Benarkah?

  • Jika Anda melakukan kesalahan dalam proses perencanaan konstruksi bangunan Anda, maka terpaksa harus merenovasi ulang bangunan. Tidak banyak yang mengetahui bahwa biaya renovasi sama saja dengan biaya membangun bangunan baru, bahkan lebih.
  • Betapa repotnya harus mengosongkan rumah, pindah rumah, mengungsi karena rumah Anda mengalami kerusakan struktur dan harus direnovasi.
  • Belum lagi jika bangunan Anda runtuh karena kesalahan desain, bisa-bisa dampaknya akan sangat fatal.
  • Tak bisa diremehkan kerugian biaya dan waktu yang harus ditanggung akibat perencanaan struktur yang tidak matang.

One thought on “Pentingnya Perhitungan Struktur bagi Bangunan Anda

  • February 5, 2019 at 11:41
    Permalink

    Wah bagus banget kak isinya, inspiratif deh. Tulisannya sederhana, ga bertele-tele tetapi tetap tujuannya tersampaikan. Sukses terus ya kak!

    Reply

Leave a Reply